Sejarah Lampu

Sejarah Lampu

Lampu. Dari awal hanya menggunakan api sebagai penerangan, sekarang tidak perlu repot-repot menyalakan api, dan keamanan terjaga.

Lampu, sangat bermanfaat dalam kehidpuan kita, Apalagi saat malam. Tanpa lampu kita sangat susah melihat sesuatu.



Sejarah Lampu

Lampu karya Edison

Berawal dari penemuan dari Thomas Alfa Edison, menciptakan sebuah lampu pijar pertama yang dapat bertahan lama.
Lampu edison
Lampu Pertama dari Pembuatnya

Thomas Alfa Edison
Thomas Alfa Edison
Cara kerja lampu ini adalah dengan menggunakan bahan "Filamen" yang diberi aliran listrik, sehingga memanas dan menghasilkan cahaya. Adanya kaca bagian luar lampu, membuat filamen tidak langsung rusak akibat kontak dengan udara (teroksidasi).

Namun, lampu ini masih sangat boros daya, cahaya yang dihasilkan tidak sebegitu berapa, tetapi pada masa Edison, lampu ini sudah sangat berharga bagi umat manusia.

Setelah lampu pijar, munculah lampu neon.

Lampu Neon

Dibuat Oleh George Claude, mengadaptasikan lampu karya Edison, dan mengembangkannya, menjadi lampu neon (Tube Lamp) yang saat ini masih dipakai. Saat diciptakannya, Neon ternyata tidak langsung putih seperti sekarang, tetapi bewarna merah dan biru. Neon ini pernah dibeli dan digunakan sebagai lampu-lampu reklame, kasino, dan lainnya.
Penemu lampu neon
George Claude
Sedangkan gas neon ditemukan oleh dua ahli asal Inggris bernama William Ramsey dan MW Travers pada 1898. Lalu tahukah kamu, bahwa Laron (serangga yang sering terbang pada malam hari) sering berkumpul di di dekat lampu neon (terutama lampu yang berada diluar)?
Dikarenakan saat malam, membuat tubuh Laron dingin, sehingga mencari tempat yang hangat, terutama lampu neon. sayangnya, tidak disadari, bahwa panas lampu neon mebahayakan, sehingga dapat membunuh serangga itu.

LED (Light Emitting Diode)

Nah sampai sini, teknologi mutakhir (teknologi sekarang maksud saya), dan masih agak jarang digunakan di Indonesia. (ya begitulah, negara Indonesia kurang maju, gara-gara pemerintah mementingkap dirinya sendiri dan korupsi) padahal LED bila digunakan di lampu jalanan, pasti efek penghematan dayanya besar. Terbukti bahwa LED sangat hemat daya dari pada Lampu pijar/lampu neon/lampu halogen)

Dulu, LED masih jarang dipakai dan dianggap remeh karena lampu tersebut cahayanya tidak sebegitu terang (biasanya LED model lama, yang seperti lonjong)
LED lonjong
LED model lama yang tidak begitu terang
Saat ini teknologi berkembang pesat sekali. Perusahaan terkenal yang sangat mengembangkan teknologi LED adalah CREE. Bahkan sudah ada 1000 lumen kekuatannya, sangat hebat bukan?
CREE Logo LED
CREE, perusahaan pengembang LED
CREE LED chip
Contoh LED model terbaru saat ini
Nah sekian artikel saya tentang lampu, semoga bermanfaat :D

Kamus

Lumen : Jumlah cahaya yang diberikan oleh lampu. Semakin tinggi lumennya, semakin terang cahaya yang dihasilkan. Lumen juga dipakai untuk satuan kuat/terang cahaya

Terima kasih,

Popular posts from this blog

Download Adobe Flash Player 11.8.800.94 Offline mode